24 April 2014

Pengertian dan Macam-Macam Verb(Kata Kerja)

Pengertian Verb

Pengertian dan Macam-Macam VerbVerb adalah merupakan kata kerja yang sering di artikan sebagai sebuah kata yang menunjukkan adanya sebuah tindakan atau aksi yang dilakukan oleh subyek(pelaku) pada masa sekarang(present), masa lampau(past) ataupun juga masa depan(future). Dan verb atau kerja juga merupakan salah satu dari part of speech.

Maka tidak heran kalau verb atau kata kerja adalah salah satu komponen penting atau utama dalam membentuk kalimat dalam bahasa inggris  selain subjek. Karena syarat utama dalam membuat sebuah kalimat bahasa inggris adalah kalimat yang dibuat harus memiliki Subjek(pelaku) + Verb(kata kerja).

Contoh:

I study
He eats a bread

Dua contoh di atas sudah bisa disebut dengan kalimat karena sudah memenuhi syarat utama dalam membuat kalimat bahasa inggris yaitu Subjek(pelaku) + Verb(kata kerja). Dan nantinya bisa di modifikiasi dengan menambahkan berbagai macam komponen lainnya seperti adjective, adverb, prepposition dll.


Macam-macam Verb(kata kerja)


Verb  memiliki bayak sekali macam dan jenisnya berdasarkan kegunaan dan fungsinya. Berikut adalah macam-macam verb dalam bahasa inggris.


Transitive verb adalah sebuah kata kerja yang membutuhkan direct objek(objek langsung) untuk kebutuhan pokok dan keabsahan dari kata kerja itu sendiri. jadi misalnya dalam sebuah kalimat bahasa inggris menggunakan transitive verb namun tidak ada direct objeknya maka pesan yang disampaikan akan menimbulkan pertanyan “what atau whom” dan juga pesan yang disampaikan akan tersa janggal.Contoh kata kerja transitive seperti play, buy, get, leave, make, owe, dan masih banyak lagi.(contoh kalimat : he plays football).

Sedangkan Intransitive verb adalah Intransitive verb atau kata kerja intransitif adalah  kata kerja yang tidak membutuhkan direct objek(objek langsung) untuk kebutuhan pokok dan keabsahan dari kata kerja tersebut. Jadi jadi misalnya dalam sebuah kalimat bahasa inggris menggunakan intransitive verb namun tidak ada direct objeknya maka pesan yang disampaikan akan dapat dipahami (contoh: I come late ). 




Verb ini digunakan untuk menandai sebuah perubahan pada bentuk kata kerja(verb)misalkan pada regular verb(kata kerja beraturan) dengan menambahkan suffix-ed (contoh: play >> played). Sedangkan pada irregular verb (tidak beraturan) dan caranya lebih bervariasi (contoh: write >> wrote).



Action Verb Action verb adalah sebuah kata kerja dalam bahasa inggris untuk mengungkapkan bahwa pelaku atau subjek melakukan sebuah aksi atau sesuatu yang sedang terjadi. (Contoh:Run, study, walk, dance, write, play, sing, dll.)

Stative Verb adalah sebuah kebalikan dari action verb. jika action verb adalah kata kerja yang menujukan sebuah aksi, namun stative verb sama sekali tidak menunjukan sebuah aksi melainkan hanya keadaan. (Contoh: appreciate, love, hate, like, dislike).


4. Finite and Nonfinite Verb

Finite verb adalah kata kerja yang memiliki bentuk past atau present dan dipengaruhi agreement dengan subject person (first/second/third), dan number(singular/plural). Sedangkan Nonfinite Verb adalah suatu kata kerja yang dapat berdiri sendiri sebagai kata kerja utama atau main verb.



adalah sebauh kata kerja yang menghubungkan subjek dengan complementnya yang fungsinya adalah untuk menerangkan tentang subjek yang di ikutinya dan juga untuk menambahakan informasi lebih banyak dalam kalimat. Di posisi Subjek complement dapat di isi dengan noun, adjective, atau adverb. Dengan demikian linking verb tidak dapat digunakan untuk mengekspresikan aksi.  oleh karena itu linking verb selalu berbentuk Intransitive tense karena tidak ada direct object yang menerima aksi subjek. 



Causative Verb adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan bahwa sang pelaku (subjek) tidak bertanggungjawab secara langsung dengan dengan sebuah tindakan dan dapat juga digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang menyuruh atau menyebabkan orang lain melakukan sesuatu(contoh kalimat: I had my phone last week**)



Auxiliary verb disebut juga dengan kata kerja bantu karena auxiliary verb letaknya muncul sebelum kata kerja utama. Dan auxiliary verb ini dibedakan menjadi primary auxiliary (be, do, have), modal (can, could, may, might, will, would, shall, should, must), phrasal modal (be able to, be going to, ought to, used to, etc).


8. Verb Voice

Verb Voice adalah sebuah kata kerja yang menunjukkan bahwa sang pelaku(subjek) dalam sebuah kalimat melakukan aksi atau menerima aksi. Dan Verb voice dibagi menjadi dua bagian yaitu Active Voice( subject melakukan aksi) dan Passive Voice(subject menerima aksi).


9.  Verb Mood

Ada tiga macam verb mood dalam bahasa inggris dan penggunaannya pun berbeda-beda berikut adalah beberapa verb yang tergolong dalam Verb Mood : Imperative, Subjunctive, Indicative.


10. Phrasal Verb

Phrasal Verb kata kerja yang disebut juga dengan istilah multi-word verbs (kata kerja multikata). Dan dapat diartikan langsung frasa yang merupakan kombinasi dari verb standar (contoh: go, make, take) dan satu atau dua particle ataupun lebih.

Nah itulah tadi pengertian dan macam-macam kata kerja dalam bahasa inggris yang wajib diketahui jika ingin belajar bahasa inggris dengan baik dan benar, semoga bermanfaat. Mohon maaf dan mohon koreksinya bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih. 

Dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, komentar yang mengandung spam atau menyimpang akan dihapus dan tidak akan ditampilkan. Terima kasih