26 April 2014

Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Present Tense


Simple Present Tense
Hallo semuanya pengunjung kampungbule.com, perjumpaan kali ini kita akan membahas materi bahasa inggris yaitu tenses: (apa itu tenses?) Tenses adalah jenis-jenis kata kerja yang digunakan dalam bahasa inggris. Jumlah tensis dalam bahasa inggris ada 16, dan di setiap tenses bahasa inggris memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda tentunya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tenses yang paling sering digunakan dalam bahasa inggris yaitu: Simple Present Tense.


Pengertian Simple Present Tense

Simple present tense adalah sebuah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan sebuah kebenaran umum biasnya berupa fakta, dan juga kebiasaan atau rutinitas(aktivitas yang dilakukan berulang-ulang) dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang ini. Dan simple present tense termasuk tense yang sering sekali digunakan dalam membuat kalimat bahasa inggris. Agar mudah mengingatnya, ingat saja kata "PRESENT" yang artinya sekarang, nah dari situ anda berfikir lagi jika "sekarang" berarti kata kerja yang nantinya harus digunakan adalah bentuk 1(Verb1/simple form).
Simple present tense menggunakan atau dibentuk dari verb-1(simple form) atau Verb be/ Auxiliary(is, am, are). Dan terdapat penambahan "Suffix-s" atau "-es"  ketika subject yang di ikutinya berupa singular noun atau third person singular pronoun(kata ganti orang ketiga tunggal: she, he, it). Agar lebih mudah untuk dipahami silahkan lihat tabel dibawah ini.

Auxiliary
Pasangan
am
I
Is
She,he,it
Are
You,they,we
Do/don’t
I, You,they,we
Does/doesn’t
She,he,it

oke anda sudah paham dengan auxiliary simple present tense..?? auxiliary diatas harus mutlak untuk dihafalkan karena kalau tidak anda nantinya akan sulit dalam menulis atau berbicara dengan menggunakan bahasa inggris, auxiliary di atas hanya sebagian dan biasanya hanya digunakan pada simple present tense saja.

Rumus Simple Present Tense

Nah setelah anda memahami penggunaan auxiliarynya sekarang kita mulai menginjak dengan rumus simple present tense. Dibawah ini adalah rumus simple present tense beserta contoh kalimatnya


Kalimat


Rumus 

Contoh 

Positive
(+)

S+V1+Objek
S + auxiliary(do/does)+Objek
S + be(am/is/are)+Objek

I eat sandwich every morning


She is my mother


Negative
(-)

S + aux. verb(do/does) + not+Objek
S + be(am/is/are)+not+Objek


I don’t eat sandwich every morning


She isn’t my mother


Introgatif
(?)

Do/Does + S + Objek?
Be(am/is/are) + S +Objek ?

do you eat sandwich every morning ?


Is she your mother ?


Note :
  • auxiliary verb Do dan Does biasanya tidak digunakan pada kalimat positif, namun jika digunakan hanya untuk memberi penekanan lebih pada keharusan melakukan aksi kata kerja.
  • Kemudian untuk auxiliary verb Do Don’t/Do Not dan Doesn’t/Does Not digunakan pada kalimat negatif.

Penggunaan Simple Present Tense dan Contoh Kalimat

dibawah ini adalah fungsi atau penggunaan simple present tense beserta contoh kalimatnya.

Fungsi
Contoh kalimat
Simple present tense digunakan untuk mengungkapkan sebuah general truth atau kebenaran umum, bisanya berupa factual(fakta).
Water boils at 100 degrees Celsius
(Air mendidih pada suhu 100 derajat celsius).
The Moon is earth’s satellite
(bulan adalah satelit bumi).


Simple present tense digunakan untuk menyatakan habitual action(kebiasaan), dan bisa dilihat dengan menggunakan adverb of frequency(always, often, usually, every day/week, month, all the time, etc) sebagai penunjuk waktu(time signal).
I always study one hour every day
(Saya selalu belajar satu jam setiap hari).

My father usually drinks coffee and smoking every morning.
(ayah saya biasanya minum kopi dan merokok setiap pagi ).


Simple present tense juga dapat digunakan untuk menyatakan perasaan (feeling), indera (sense), pikiran (mental state), dan kepemilikan (possession)
He loves football so much
(dia sangat menyukai sepakbola)

My mother soup tastes good
(Sup ibu saya rasanya enak)

Simple present tense digunakan untuk memberi intruksi, arahan, dan petunjuk
you add a cutlet of chicken into stew noodles and noodles ready to served
(kamu tambah potongan ayam ke dalam rebusan mie dan mie siap untuk disajikan).



Verb “be” (Auxiliary) Dalam Simple Present Tense

Dalam membuat sebuah kalimat baik itu menggunakan simple present tense ataupun tense lainnya, kita tidak boleh melupakan dengan konstruksi dasar dalam membuat kalimat bahasa inggris. Syarat sebuah kalimat dalam bahasa Inggris  adalah kalimat tersebut harus mempunyai Subject dan Verb. kedua unsur ini harus ada dalam kalimat jika salah satunya tidak ada maka belum bisa disebut dengan kalimat.  Coba lihat contoh di bawah ini.
I tall
He student

Kedua contoh di atas belum bisa disebut dengan kalimat karena belum memenuhi syarat dalam membuat kalimat yaitu subjek dan verb, oleh karena itu kita perlu menambahkan kata kerja bantu linking verb(am is are) agar dapat memenuhi syarat  kalimat yang benar yaitu mempunyai “Subject” dan “Verb”.

I am tall
He is a student

Nah itulah tadi penjelasan materi tentang Simple present kali ini, semoga bermanfaat. Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

References: 

1. Simple Present Tensehttp://www.grammar.cl/Present/Simple.htm
2. Simple Present Forms. http://www.englishpage.com/verbpage/simplepresentforms.html
3. The Present Tense. http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/tenses/simple_present.htm
4. English Grammar Book Third Edition by Betty Schrampfer Azar.

Dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, komentar yang mengandung spam atau menyimpang akan dihapus dan tidak akan ditampilkan. Terima kasih