15 Maret 2015

12 Tenses Dasar dalam Bahasa Inggris


12 Tenses Dasar Bahasa Inggris
Hallo shabat dunia maya semuanya, berjumpa lagi dengan saya. Pada perjumpaan kali ini saya akan mencoba merangkum semua pembahasa materi mengenai teses-teses yang sudah kita bahas sebelumnya. Baik, belajar bahasa inggris memang tidak mudah membalikkan tangan, apa lagi yang kita sebelumnya tidak tau sama sekali tentang bahasa inggris, taunya cuma “Yes” dan “No”, yah,,,persis seperti saya dulu...hehe. Namun karena keinginan saya untuk bisa berbahasa inggris dengan baik dan benar saya bertakat untuk mempelajarinya lebih serius dari awal.

Oke, kembali lagi ke topik awal yaitu 12 tenses dasar dalam bahasa inggris. Belajar tenses berarti kita mempelajari mengenai dasar-dasar dari bahasa inggris. Karena dengan belajar tenses akan sangat membantu kita nanti jika kita ingin berbicara, menulis, membaca ataupun mendengarkan sebuah bahasa inggris yang kita hadapi. Nah oleh karena itu pada perjumpaan kali ini saya akan mecoba membahas apa itu tenses dan apa saja macam-macam tenses pada bahasa inggris.

Pengertian Tenses Bahasa Inggris

Tenses adalah sebuah jenis kata kerja(verb) yang digunakan untuk mengekspresikan waktu masa lampau(past), masa sekarang(present), dan masa yang akan mendatang(future) terjadinya suatu peristiwa/aktivitas pada saat moment of speaking atau saat pembicara sedang berbicara.

Macam-macam, Penggunaan dan Contoh Tenses dalam Bahasa Inggris

Dari buku yang saya pelajari saat ini yaitu “English Grammar Book Third Edition by Betty Schrampfer Azar”. Dalam bukunya jumlah tenses yang dapat di pelajari bukan berjumlah 16 tenses, melainkan cuma 12 tenses. Nah apa saja 12 tenses itu? Berikut adalah 12 tenses beserta penggunaan dan beberapa contoh kalimatnya.

1. Present Tense




Penggunaan
Simple present tense digunakan untuk mengekspresikan sebuah kebenaran umum biasnya berupa fakta, dan juga kebiasaan atau rutinitas(aktivitas yang dilakukan berulang-ulang) dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang ini.

Rumus S+V1+Objek


Contoh
I eat chicken

Bayu comes late




Penggunaan
Simple present progressive tense atau simple present continuous tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah aktivitas yang sedang berlangsung atau dilakukan pada moment saat itu juga.

Rumus S + Be(am/is/are) + V-Ing+



Contoh
She is cooking

I am studying




 Penggunaan
Simple present perfect tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan suatu aksi/aktivitas yang dilakukan atau dimulai dari masa lampau(past) dan masih berlanjut sampai waktu sekarang(present) atau waktu tertentu di masa lampau namun masih berkelanjutan/berpengaruh hingga masa sekarang.

Rumus S + have/has + V-3/past participle


 Contoh
I have made my breakfast.

He has done his homework.




 Penggunaan
Simple present perfect progressive tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah aktivitas sebuah aktivitas yang dimulai di masa lampau(past) dan masih berlanjut hingga massa kini(present), dan biasanya menggunakan keterangan waktu untuk memperjelas kapan aktivitas tersebut dimulai.

Rumus S +have/has +been +V1-ing/present participle


Contoh
My mother has been cooking

I have been studying



2. Past Tense




Penggunaan
Simple past tense adalah kata kerja yang digunakan untuk mengungkapkan aksi yang dimulai pada waktu yang lampau dan selesai pada waktu yang spesifik(spesific time).

Rumus S + Verb2(past tense)


Contoh
I played football

He ate banana




Penggunaan
Simple past progressive tense atau simple past continuous tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah aksi yang dimulai lebih awal dan sedang belangsung ketika aksi lainnya sedang terjadi.

Rumus S + be(was/were) + V1-ing


Contoh
Budi was sleeping

We were watchng movie




Penggunaan
Simple past perfect tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah aksi atau kejadian yang telah selesai sebelum kejadian lain terjadi di masa lampau.

Rumus S + have/has + V-3/past participle


 Contoh
I had come to the party.

Had you come to the party?




Penggunaan
Simple past perfect progressive tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan durasi dari sebuah aktivitas yang sedang dilakukan sebelum aktivitas lainnya dimulai atau terjadi di waktu lampau.

Rumus S + had + been + V1-ing/present participle


Contoh
I had been writing.

My mother had been cooking.



3. Future Tense




Penggunaan
Simple future tense adalah kata kerja yang digunakan untuk mengungkapkan ide, pikiran, aksi, dan kejadian yang terjadi di masa yang akan datang atau masa depan, baik secara sepontan ataupun terencana.

Rumus S + Will+ Verb1+ Object


Contoh
I will come to your home

Bima is going to Bali island




 Penggunaan
Simple future progressive tense atau simple continuous tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah aksi atau kejadian yang akan dan sedang terjadi pada suatu moment di masa depan.

Rumus S + will be + V1-ing/present participle


 Contoh
He will be eating breakfast

I will be running




Penggunaan
Simple future tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah aksi/aktivitas yang sudah selesai di titik/moment tertentu sebelum aksi lainnya terjadi di masa depan.

Rumus S + will + have + V-3/past participle


 Contoh
I will have read this book

Doni will have done his homework




 Penggunaan
Simple future perfect progressive tense atau juga disebut simple
future perfect continuous tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk
mengekspresikan sebuah durasi dari sebuah aktivitas yang akan dikerjakan
sebelum aktivitas/kejadian lain terjadi di masa depan.

Rumus S + will + have been + V1-ing/present participle


Contoh
I will have been runing.

They will have been watching movie


Note: Silahkan kunjungi halaman masin-masing tenses untuk melihat lebih detail mengenai pembahasan tenses bahasa inggris yang ingin dipahami.

Nah itulah ke-12 tenses dasar yang ada dalam bahasa inggris, semoga bermanfaat. Mohon maaf dan mohon koreksinya bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih. 

Reference:

1.  English Grammar Book Third Edition by Betty Schrampfer Azar. 

2 comments

Dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, komentar yang mengandung spam atau menyimpang akan dihapus dan tidak akan ditampilkan. Terima kasih