13 Maret 2015

Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Past Perfect Progressive Tense


Simple Past Perfect Progressive Tense
Hallo semuanya, berjumpa lagi dengan saya di blog kampungbule.com ini. Kali ini kita akan tetep membahas materi yang sama dengan kemarin yaitu "Perfect Progressive Tense". Yang dimana pada perjumpaan sebelumnya kita sudah membahas materi tentang "Perfect Progressive Tense" yaitu simple present perfect progressive tense(Baca: Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Present Perfect Progressive Tense). Nah kali ini kita akan membahas materi tentang Simple past perfect progressive tense. Yuk Simak pembahasannya.


Pengertian Simple Past Perfect Progressive Tense  

Simple past perfect progressive tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan durasi dari sebuah aktivitas yang sedng dilakukan sebelum aktivitas lainnya dimulai atau terjadi di waktu lampau. Dan juga digunakan untuk mengekspresikan sebuah penyebab dari sesuatu yang terjadi di masa lampau.

Rumus Simple Past Perfect Progressive Tense   

Simple past perfect progressive tense menggunakan Auxiliary Verb bentuk past dari auxiliary “Has/Have” yaitu “HAD” dan kemudian diikuti oleh auxiliary verb “been” sebagai ciri dari perfect progressive, dan juga menggunakan V1-ing/present participle. Auxiliary verb“HAD” digunakan untuk semua subjek yang diikutinya, baik itu singular ataupun plural. Umumnya simple past perfect progressive tense terjadi di dynamic verb, bukan di stative verb karena umumnya hanya dynamic verb yang memiliki bentuk progressive. Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai rumus dari simple past perfect progressive tense silahkan lihat tabel rumus di bawah ini.


Jenis kalimat

Rumus

Contoh


Positive
(+)


S + had + been + V1-ing/present participle
I had been writing.

My mother had been cooking.



Negative
(-)


S + had + not + been + V1-ing/present participle
I had not been writing.

My mother had not been cooking.



Question
(?)


Had + S + been + V1-ing/present participle?
Had you been writing?.

Had my mother been cooking?.




Penggunaan Simple Past Perfect Progressive Tense

Simple past perfect progressive tense memiliki beberapa fungsi dalam bahasa inggris. Nah berikut ini adalah fungsi dan beserta beberapa contoh kalimat simple past perfect progressive tense.


Fungsi

Contoh kalimat

Simple past perfect progressive tense digunakan untuk mengekspresikan “sebuah durasi dari sebuah aktivitas yang sedng dilakukan sebelum aktivitas lainnya dimulai atau terjadi di waktu lampau”.

I had been reading a book for an hour before my mother came.
(Saya telah sedang membaca buku satu jam sebelum ibu saya datang).

Doni had been living in Jakarta city for two years before he moved to Surabaya city.
(Doni telah tinggal di kota Jakarta selama dua tahun sebelum dia pindah ke kota Surabaya).

How long had you been needing to make an egg boiled ?
(Berapa lama yang telah sedang kamu perlukan untuk membuat satu telur rebus).

Yuli wanted to sleep because she had been working all day.
(Yuli ingin tidur karena di telah bekerja seharian penuh).



Simple past perfect progressive tense digunakan untuk mengungkapkan sebuah “penyebab dari sesuatu yang terjadi di masa lampau”.


I felt weak because I had not been eating any food.
(Aku merasa lemah karena aku belum makan makanan apapun).

I was sleepy because I had not been sleeping at all
(Saya mengantuk karena saya belum tidur sama sekali).


My father was tired because he had been working.
(Ayahku lelah karena dia habis bekerja).



Simple past progressive vs simple past perfect progressive

Pada dasarnya penggunaan antara simple past progressive tense dan simple past perfect progressive tense adalah sama yaitu menerangkan sebuah kejadian sebelum aktivitas lainnya dimuali/terjadi di masa lampau.
Baca juga: Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Past Progressive Tense

Namun yang membedakannya adalah mana yang lebih ditekankan dalam kalimat tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara simple past progressive tense dan simple past perfect progressive tense silahkan lihat contoh dibawah ini.  

Simple past progressive tense
While I was waiting Eric since four-thirty, he finally came at six o’clock.

Simple past perfect progressive tense
Eric finally came at six o’clock when I had been waiting for him since four-thirty.

Penjelasan:
Pada kedua contoh di atas, yang pertama(Simple past progressive tense), lebih menekankan pada aktivitas/kejadian yang “Sedang” dilakukan sebelum aktivitas/kejadian yang lain terjadi, Yaitu “saya sedang menunggu eric(I was waiting Eric)” . namun berbeda pada contoh yang ke dua(Simple past perfect progressive tense), pada contoh kedua lebih menekankan “Durasi” aktivitas/kejadian yang sedang terjadi, sebelum aktivitas/kejadian lainnya terjadi di masa lampau. Pada contoh tersebut contoh yang kedua lebih menekankan pada”saya sudah menunggunya sejak 4:30 (I had been waiting for him since four-thirty)”.

Nah itulah tadi penjelasan materi simple past perfect progressive tense kali ini, semoga bermanfaat. Mohon maaf dan mohon koreksinya bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

References:

1. Past Perfect Continuous Tense. http://tensesbahasainggris.com/past-perfect-continuous-tense
2. Past Perfect continuous tense. http://www.studyandexam.com/past-perfect-continuous-tense.html
3. Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense. http://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-past-perfect-continuous-tense
4. English Grammar Book Third Edition by Betty Schrampfer Azar.

Dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, komentar yang mengandung spam atau menyimpang akan dihapus dan tidak akan ditampilkan. Terima kasih