13 Maret 2015

Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Present Perfect Progressive Tense


Simple Present Perfect Progressive Tense
Berjumpa lagi dengan saya di blog kampungbule.com ini. Pada perjumpaan kali ini kita akan membahas materi tentang "Perfect Progressive Tense". Pada pertemuan sebelumnya kita sudah menyelesaikan pembahasan materi tentang "Perfect Tense" yaitu simple future perfect tense (Baca: Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Past Perfect Tense), anda bisa mempelajarinya sendiri. Nah topik [embahasan kita kali ini adalah tentang "Perfect Progressive Tense" yaitu: Simple present perfect progressive tense. Mari ikuti pembahasannya. 


Pengertian Simple Present Perfect Progressive Tense

Simple present perfect progressive tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah aktivitas yang dimulai di masa lampau(past) dan masih berlanjut hingga massa kini(present), dan biasanya menggunakan keterangan waktu untuk memperjelas kapan aktivitas tersebut dimulai. Dan bisa juga digunakan untuk mengekspresikan sebuah aktivitas yang baru saja terjadi.


Rumus Simple Present Perfect Progressive Tense

Simple present perfect progressive tense menggunakan auxiliary verb "Have/Has", "Been", lalu kemudian di ikuti dengan "Present particeple atau Verb1". Seperti biasanya auxiliary verb "Have" digunakan untuk subjek plural(you, they, we, kecuali I). Sedangkan auxiliary verb "Has" digunakan untuk subjek singular(she,he, it). Nah untuk lebih jelasnya mengenai rumus simple present pperfect progressive tense silahkan lihat tabel rumus di bawah ini.


Jenis kalimat


Rumus


Contoh


Positive
(+)


S +have/has +been +V1-ing/present participle

I have been eating.


My mother has been sleeping.



Negative
(-)


S +have/has +Not +been +V1-ing/present participle

I have not been eating.


My mother has not been sleeping.



Question
(?)


Have/has +S +been +V1-ing/present participle?

Have you been eating?.


Has your mother been sleeping?.




Penggunaan Simple Present Perfect Progressive Tense

Dari berbagai sumber yang saya dapatkan simple present perfect progressive memiliki dua fungsi utama. Apa saja itu? Berikut adalah beberapa fungsi dan contoh kalimat darai simple present perfect progressive tense.


Fungsi

Contoh kalimat

Simple present perfect progressive tense digunakan untuk mengekspresikan sebuah aktivitas sebuah aktivitas yang dimulai di masa lampau(past)dan masih berlanjut hingga massa kini(present). Biasanya menggunakan adverb of time untuk memperjelas kapan aktivitas tersebut dimulai. Seperti “far, since, last hour, last day, last week, last month,last year, all morning, all day, all week,”dll.


I have been living in japan for two years.
(Saya sudah tinggal di jepang selama dua tahun).

I have been studying since seven o’clock
(Saya belajar sejak jam 7).

I am so tired, I have been sleeping all day.
(Aku sangat lelah, aku telah tidur sepanjang hari).

She has been working eight hours each day for three years.
(Dia telah bekerja delapan jam setiap hari selama tiga tahun).


Simple present perfect progressive tense digunakan untuk mengekspresikan sebuah aktivitas yang baru saja dilakukan. Biasanya untuk memperjelas aktivitas tersebut menggunakan kata “recetly, dan lately, just”.


It has been raining, and now the sun is shining.
(Baru saja hujan, dan sekarang matahari bersinar).

I have been thingking about that.
(Aku baru saja berpikir tentang hal itu).

Where have you been going lately?.
(Kemana saja kamu pergi akhir-akhir ini).

Recently, I have been getting good idea about our event later.
(Baru saja, I mendapatkan ide yang bagus untuk acara kita nanti).




Simple Present Progressive Tense VS Simple Present Perfect Progressive Tense

Kedua tenses ini memiliki beberapa persamaan dan perbedaan, pertama dari persamaannya, yaitu dari kata kerja yang digunakan. Simple present progressive tense vs simple present perfect progressive tense. Keduanya sama-sama menggunakan katakerja berbentuk”-ing”.
Dan yang kedua, yaitu perbedaan antara kedua fungsi tenses ini. Simple present progressive tense digunakan untuk mengungkapkan sebuah aktivitas yang “SEDANG” dilakukan. Sedangkan simple present perfect progressive tense digunakan untuk mengekspresikan sebuah aktivitas sebuah aktivitas yang dimulai di masa lampau(past)dan masih berlanjut hingga massa kini(present). Berikut adalah beberapa contoh kalimat antara Simple present progressive tense VS simple present perfect progressive tense.

Simple present progressive tense
My father is reading a newspaper.

Simple present perfect progressive tense
My father has been reading a newspaper for an hour ago.

Nah sekarang perhatikan dari kedua contoh di atas, yang pertama(simple present progressive tense), menjelaskan bahwa ayah sedang membaca sebuah koran, tanpa mempedulikan kapan di mulai membacanya. Namun yang kedua(simple present perfect progressive tense), menjelaskan bahwa ayah membaca sebuah sejak 1 jam yang lalu.

Nah itulah tadi penjelasan materi tentang Simple present progressive tense kali ini, semoga bermanfaat. Mohon maaf dan mohon koreksinya bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi kali ini. Terima kasih.


References:

1. Present Perfect Continuous. http://www.englishpage.com/verbpage/presentperfectcontinuous.html
2. The Present Perfect Progressive Tense. http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/verbs/the-present-perfect-progressive-tense/
3. Present Perfect Simple – Present Perfect Progressive. http://www.ego4u.com/en/cram-up/grammar/prepersim-preperpro
4. English Grammar Book Third Edition by Betty Schrampfer Azar.

Dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, komentar yang mengandung spam atau menyimpang akan dihapus dan tidak akan ditampilkan. Terima kasih