7 Maret 2015

Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Past Progressive Tense


Simple Past Progressive Tense
Masih seputar mengenai tenses bahasa inggris, pada perjumpaan kali ini topik yang akan kita bahasa masih sama dengan yang kemarin yaitu "progressive tenses". Pada postingan sebelumnya saya sudah mengkupas mengenai simple present progressive tense(Baca Juga: Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Present Progressive Tense). Nah sekarang kita akan membahas lebih lanjut mengenai "Simple Past Progressive Tense".



Pengertian Simple Past Progressive Tense

Simple Past Progressive Tense atau bisa disebut dengan Simple Continuous Tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah aksi yang dimulai lebih awal dan sedang belangsung ketika aksi lainnya sedang terjadi. Dan juga Simple Past Progressive Tense juga digunakan untuk mengekspresikan sepasang aksi yang terjadi bersamaan di masa lampau.


Rumus Simple Past progressive Tense

Sama halnya dengan simple present progressive tense, Simple past progressive tense juga menggunakan “Verb-Ing”dalam struktur kalimatnya. Dan TOBE dari Simple past progressive tense juga menggunakan Tobe berbentuk past yaitu “was dan were”. Tobe “Was” digunakan untuk singular subject(I, she, he, it). Sedangkan Tobe “Were” untuk plural subjek(you, they, we). Umumnya Simple Past Progressive Tense hanya bisa terjadi di aksi berupa dynamic verb, bukan stative verb. Untuk lebih jelasnya mengenai rumus dari Simple past progressive tense silahkan lihat tabel rumus di bawah ini.


Jenis kalimat


Rumus

Contoh

Positive
(+)

S + be(was/were) + V1-ing.

Nina was reading comic.


They were going to school together.



Negative
(-)

S + be(was/were) +Not+ V1-ing.

Nina was not reading comic.


They were not going to school together.



Question
(?)

be(was/were) + S + V1-ing?

Was nina reading comic?.


Were they going to school together?.



Penggunaan Simple Past Progressive Tense

simple past progressive tense secara garis besar memiliki dua fungsi. silahkan lihat tabel di bawah ini. berikut adalah adalah beberapa fungsi dan contoh kalimat simple past progressive tense. 


Fungsi

Contoh kalimat
Simple past progressive tense digunakan untuk mengekspresikan adanya aksi yang dimulai lebih awal (simple past progressive tense)sedang belangsung dan aksi lainnya(simple past tense) mengikut. Biasanya ditandakan dengan adanya subordinate “while” atau “when”.

While I was walking down the street, it suddenly began to rain.
(Ketika aku sedang jalan-jalan, tiba-tiba hujan).

We were watching TV when he arrived.
(Kami sedang menonton Tv ketika dia datang).

I was studying when my father asked me to buy cigarette.
(Saya sedang belajar ketika ayahku menyuruhku untuk membelikan rokok).

While I was playing computer, suddenly the lights went out.
(Ketika aku sedang bermain komputer, tiba-tiba lampu padam).


Simple past progressive tense digunakan untuk mengekspresikan aksi atau moment yang spesifik yang terjadi di masa lampau.

I was getting headache at the meeting yesterday.
(Aku sedang sakit kepala ketika pertemuan kemarin).

A: What was Andi doing at five PM yesterday?
(A: Apa yang andi lakukan pada jam lima sore kemarin?).
B: Andi was playing football at the time.
(B: Andi sedang main bola pada saat itu).

Where were you going at eight am yesterday?.
(Kemana kamu pergi ketika jam delapan pagi kemarin?).

At 2013, I was working in the small factory in Surabaya city.
(Pada tahun 2013, saya sedang bekerja di pabrik kecil di kota Surabaya).



Simple Past Tense Vs Simple Past Progressive Tense

Terkadang penggunaan simple past tense dan simple past progressive tense sering membingungkan. Penjelasan berikut ini mungkin akan membantu dalam menentukan antara menggunakan simple simple past tense dan simple past progressive tense.
Baca Juga: Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Past Tense 

Pada dasarnya penggunaan antara simple past tense dan simple past progressive tense adalah sama yaitu menerangkan sebuah kejadian di masa lampau. Namun yang membedakannya adalah spesifikasi waktu terjadinya sebuah peristiwa tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara simple past tense dan simple past progressive tense silahkan lihat contoh dibawah ini.
Contoh:

SIMPLE PAST TENSE
I watched TV yesterday.

PAST PROGRESSIVE TENSE
I was watching TV yesterday at 7 p.m.


Penjelasan: 
Nah Perhatikan, Simple past tense cuma menggunakan time signal “yesterday” saja, dalam kalimat tersebut yesterday(kemarin) tidak peduli itu kapan waktunya spesifiknya, atau bisa dibilang kurang spesifik. Sedangkan pada simple past progressive tense, menggunakan waktu yang lebih spesifik, dalam contoh disebut kan waktu spesifinya yaitu “7 p.m”. Jadi waktu terjadinya simple past progressive tense sangat dispesifikkan, pada contoh tersebut terjadinya "Watching TV(menonton TV)" terjadi kemarin malam pada pukul 7 .  

Nah itulah tadi penjelasan materi simple past progressive tense kali ini, semoga bermanfaat. Mohon maaf dan mohon koreksinya bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

References:

1. Past Continuous. http://www.englishpage.com/verbpage/pastcontinuous.html
2. Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense. http://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-past-continuous-tense/
3. The Past Progressive Tense. http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/verbs/the-past-progressive-tense/
4. Past Continuous and Past Simple. https://learnenglish.britishcouncil.org/ar/grammar-reference/past-continuous-and-past-simple
5. English Grammar Book Third Edition by Betty Schrampfer Azar.


2 comments

Makasih Gan informasi menganai Simple Past Tense nya, sangat bermanfaat sekali

Dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, komentar yang mengandung spam atau menyimpang akan dihapus dan tidak akan ditampilkan. Terima kasih