27 Oktober 2015

Pengertian dan Jenis-Jenis Preposition dalam Bahasa Inggris

Hallo semuanya, dalam proses belajar bahasa inggris, kita wajib untuk menguasai  part of speech yang terdiri dari noun, pronoun, verb, adjective, adverb, preposition, conjunction, dan interjection. Jika kita ingin menguasai bahasa inggris secara mendasar(listening, writing, speaking, reading) ke-8 part of speech tersebuh harus mutlak dikuasai. Namun setiap part of speech tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang salah satu part of speech dalam bahasa inggris, yaitu: Preposition.

Pengertian dan Jenis-Jenis Preposition


Pengertian Preposition

Apa itu preposition? Dan apa fungsinya? Preposition adalah kata yang dikombinasikan dengan noun, pronoun atau gerund(bisa disebut object of preposition), untuk membentuk sebuah frasa(phrase) yang menerangkan verb, noun, atau adjective.
Preposition merupakan satu dari ke-8 part of speech yang berfungsi untuk menunjukkan hubungan antara object of preposition (berupa noun, pronoun, gerund, atau noun clause yang mengikuti preposition) dengan elemen kata lain di dalam suatu kalimat. At, in, on, above, dan below adalah beberapa preposition yang serin digunakan dalam bahasa inggris.

Jenis-Jenis Preposition 

Preposition dalam bahasa inggris dibedakan menjadi 3 yaitu preposition of time, preposition of place and position, preposition of movement. Berikut adalah perbedaan definisi dan penggunaan antara setiap preposition.
  1. Preposition of time: adalah preposition yang yang digunakan untuk memberi petunjuk  waktu. Waktu tersebut ditampilkan dalam gabungan preposition dengan noun yang mengikutinya untuk  membentuk prepositional phrase. Contoh preposition of time adalah: after, at, by, during, for, in, etc.
  2. Preposition of place and position: adalah sebuah preposition yang digunakan untuk memberi petunjuk sebuah tempat atau posisi. Tempat atau posisi tersebut yang ditampilkan adalah gabungan preposition dengan noun yang mengikutinya untuk  membentuk prepositional phrase. Contoh preposition of place and position adalah: aboard, above, about, against, along, among, etc.
  3. Preposition of movement: adalah preposition yang digunakan untuk menunjukkan sebuah arah pergerakan. Gerakan tersebut ditampilkan dalam gabungan antara preposition dengan noun yang mengikutinya untuk membentuk prepositional phrase. Contoh preposition of movement: away from, away to, by/past, down, inside, into, off, onto, etc.

Prepositional Phrase

Prepositional phrase adalah gabungan antara preposition dengan objek yang mengikutinya(disebut object of preposition) antara lain noun atau noun phrase, pronoun, dan gerund. Jadi secara singkat susunannya berupa “Preposition + Object of preposition (noun, pronoun, noun phrase)”. Contoh Prepositional phrase:  at store, From this book, Beside him, etc.
Prepositional phrase sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu: adjectival prepositional phrase dan adverbial prepositional phrase. Keduanya memiliki definisi dan fungsi yang berbeda-beda, Adjectival berfungsi seperti adjective yang menerangkan noun, sedangkan adverbial berfungsi seperti adverb yang menerangkan verb, adjective, atau adverb.

Preposition Vs Conjunction

Hal ini sedikit membingungkan karena ada beberapa kata yang tergolong di dalam preposition juga ada dalam conjuction. Kata-kata tersebut misalnya: after, before, since, dan until yang bisa digunakan sebgai preposition dan conjunction. Untuk mengetahui perbedaan keduanya silahkan lihat objek yang mengikutinya. Preposition objek yang mengikutinya adalah noun atau noun phrase, sedangkan conjunction yang mengikutinya adalah sebuah clausa yang di dalam clausa itu sendiri terdapat subjek dan objek lagi.
Untuk mengetahui perbedaan keduanya silahkan lihat contoh kalimat preposition vs conjunction dibawah ini.

Preposition:
  • He will go to England after his graduation.(dalam contoh ini kata “after”  adalah preposition, karena prepositon “after”  diikuti oleh phrase “his graduation”)

Conjunction:
  • He will go to england after he is finished his school. (dalam contoh ini, kata “after”  adalah conjunction, karena conjunction “after”  diikuti oleh clausa “he is finished his school” diamana ada subjek “he” dan verb ”finished”).

Nah itulah tadi pembahasan tentang pengertian dan jenis-jenis preposition yang ada dalam bahasa inggris. Silahkan berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham dengan materi di atas. Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

References:

1. What is a Preposition? - Definition, Uses & Examples. http://study.com/academy/lesson/what-is-a-preposition-definition-uses-examples.html
2. The Preposition. http://www.chompchomp.com/terms/preposition.htm
3. Prepositions. http://www.towson.edu/ows/prepositions.htm
4. Preposition and postposition. https://en.wikipedia.org/wiki/Preposition_and_postposition

7 comments

Thanks for sharing this valuable information to our vision. You have posted
a trust worthy blog keep sharing.
Sarkari Results

Good information and well writing. Please provide particular site for this Sarkari result

nice article with good selection of topic thanks for sharing it..
jobs in hyderabad

Sarkari Recruitment is one of the biggest Indian Job Site so here you will getKarnataka govt jobs Latestso

Wait, what about while?
Is it classified as preposition?

Dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, komentar yang mengandung spam atau menyimpang akan dihapus dan tidak akan ditampilkan. Terima kasih